Kesedihan adalah universal. Namun, tidak sering kita, sebagai komunitas global, dapat mengalaminya secara bersamaan.
Dampak virus corona begitu luas sehingga tidak hanya mengubah hidup kita, tetapi juga memaksa kita untuk menerima percakapan rutin tentang kematian. Saat saya menulis ini, Organisasi Kesehatan Dunia (2021) telah mencatat total hampir 4,5 juta kematian yang disebabkan oleh COVID-19. Sekarang, varian Delta terus mendorong lebih banyak orang untuk menanggung kehilangan tragis orang yang mereka cintai.
Tetapi kesedihan - yang mencakup berbagai pemikiran, perasaan, sensasi fisik, dan perubahan perilaku yang umum terjadi setelah kehilangan atau transisi (Harris, 2020) - mencakup kerugian yang melampaui kematian; kerugian yang biasanya tidak dikenali, namun perlu diwaspadai.
“We are all dealing with the collective loss of the world we knew,”
kata pakar kesedihan David Kessler saat podcast dengan Brené Brown (2020).
Keadaan unik yang ditimbulkan oleh pandemi telah disarankan untuk meningkatkan prevalensi gangguan kesedihan di antara penduduk (Eisma &Tamminga, 2020). Ini karena, dengan peristiwa darurat berskala besar seperti itu, orang biasanya mengalami beberapa kerugian pada saat yang bersamaan. Hal ini dapat mempersulit dan memperpanjang proses berkabung, serta menunda kemampuan individu untuk beradaptasi dan melanjutkan.
Pikirkan tentang hal itu. Dengan COVID-19, kita mengalami kehilangan:
Selain itu, sebagian besar (jika tidak semua) dari kita memiliki perasaan berlama-lama bahwa lebih banyak kerugian akan datang. Kami datang untuk mengharapkan pembaruan tentang pembatasan dan penguncian. Kami khawatir tidak pernah mengalami kelas tatap muka sebelum kami menyelesaikan sekolah atau universitas, harus membatalkan rencana liburan, tidak memiliki pilihan untuk melakukan perjalanan kembali ke rumah, dan menunda impian dan tujuan kami tanpa batas waktu. Ketidakpastian ini mengisi kita dengan rasa cemas dan ketakutan yang luar biasa. Tanpa disadari, kita mungkin sudah meratapi potensi kerugian di masa depan ini, terlepas dari apakah itu benar-benar akan terjadi atau tidak.
Semua ini bisa sangat menantang untuk ditangani. Kerugian ini tidak nyata atau konkret, dan tidak mungkin untuk mendapatkan penutupan karena tidak ada "akhir" yang jelas untuk situasi saat ini. Selain itu, beberapa kerugian bisa disertai dengan rasa ambivalensi. Misalnya, terjebak di rumah mencegah kita terlibat dalam banyak kegiatan, tetapi juga memberi banyak kesempatan untuk mengeksplorasi dan mengembangkan minat / keterampilan yang sebelumnya tidak dapat mereka dedikasikan waktu mereka. Skala global pandemi mungkin juga membuat kita tanpa sadar meminimalkan kesedihan kita dengan membandingkan pengalaman kita dengan orang lain (misalnya "Saya merasa terisolasi dan mengalami kesulitan mencari pekerjaan, tetapi ada orang lain yang masih memilikinya lebih buruk.").
Baik emosi yang saling bertentangan dan pembatalan dari apa yang kita alami kemudian berkontribusi pada perasaan cemas, tidak berdaya, dan / atau "terjebak-ness". Ini adalah bagian dari alasan mengapa pengalaman emosional kita tentang penyakit ini sangat melelahkan.
Memahami kesedihan adalah langkah pertama untuk merebut kembali dan menerima semua aspek respons kesedihan kita. Ini mendorong kita untuk meratapi kerugian yang telah kita alami - baik besar maupun kecil - dan untuk memproses rasa sakit.
Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengingat bahwa tidak ada "cara yang benar" untuk berduka, juga tidak ada "jumlah waktu yang tepat" untuk berduka. Kesedihan tidak mungkin masuk ke dalam kotak karena kita semua berduka secara berbeda dan untuk alasan yang berbeda. Tanggapan kita dapat bervariasi tergantung pada siapa / apa yang hilang, sifat keterikatan kita dengan mereka, bagaimana kehilangan terjadi, gaya kepribadian kita, faktor sosial, sejarah kesedihan dan berkabung pribadi kita, dan apakah ada kerugian dan stres bersamaan (Worden, 2018).
Kesedihan juga bukan proses linier karena tidak hanya "pergi". Kita akan mengalami sukacita yang besar, tetapi kita juga masih dapat mengalami kesedihan yang mendalam pada saat-saat ketika kita diingatkan tentang siapa / apa yang hilang. Namun demikian, seiring berjalannya waktu, kesedihan tidak akan lagi membentuk sebagian besar hidup kita. Sebaliknya, kita belajar untuk tumbuh di sekitarnya (Williams, 2021).
Akhirnya, memang benar bahwa kesedihan pada akhirnya adalah perjalanan individu. Tetapi meskipun bisa sangat menantang untuk menavigasi medan yang tidak dapat diprediksi ini, ketahuilah bahwa ada banyak sumber daya yang dapat Anda akses dan mendukung orang-orang yang dapat Anda jangkau. Anda tidak perlu berjalan melaluinya sendirian.
Brown, B. (Host). (2020, March 31). David Kessler and Brené on Grief and Finding Meaning [Audio podcast episode]. In Unlocking Us with Brené Brown. Spotify. https://brenebrown.com/podcast/david-kessler-and-brene-on-grief-and-finding-meaning/
Eisma, M. C., & Tamminga, A. (2020). Grief Before and During the COVID-19 Pandemic: Multiple Group Comparisons. Journal of Pain and Symptom Management, 60(6), e1–e4. https://doi.org/10.1016/j.jpainsymman.2020.10.004
Harris, D. L. (2020). Non-Death Loss and Grief: Context and Clinical Implications. Routledge.
Williams, L. E. (2021, June 7). Growing Around Grief. What’s Your Grief? https://whatsyourgrief.com/growing-around-grief/
Worden, J. W. (2018). Grief Counseling and Grief Therapy: A Handbook for the Mental Health Practitioner. Springer Publishing Company.
World Health Organization (2021). WHO Coronavirus (COVID-19) Dashboard. https://covid19.who.int/